Penghitungan Sederhana Satu Meter Dinding Butuh Batu Bata Merah Berapa



Penghitungan Sederhana Satu Meter Dinding Butuh Batu Bata Merah Berapa, Umumnya, dinding terbuat dari batu bata merah ataupun putih kemudian disusun dengan direkatkan. 

Batu bata dapat dibeli di toko material bangunan yang tepat misalnya di Materindo yang menyediakan berbagai bahan material bangunan. 

Di Materindo, Anda dapat memilih material bangunan seperti batu bata dengan kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau. 

Namun, sebelum memilih, Anda harus mengetahui terlebih dahulu 1 meter dinding butuh batu bata merah berapa sehingga Anda dapat memesan dengan jumlah yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dalam memilih jenis-jenis batu bata merah terdapat standar batu bata merah yang digunakan untuk membangun rumah untuk panjang x lebar x tebal adalah 24 x 11.5 x 5.2 cm dan 23 x 11 x 5 cm. 

Namun, karena batu bata tidak hanya dibuat di pabrik namun juga secara tradisional yang mungkin saja terjadi kesalahan dalam pembuatan batu bata sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan,

penyimpangan ukuran yang masih diperbolehkan adalah panjang, lebar dan tebal maksimal adalah 3%, 4% dan 5% dari ukuran standar yang sudah ditetapkan.

Pengerjaan satu meter dinding membutuhkan sedikit pemakaian bata merah


Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghitung kebutuhan dari batu bata merah. Misalnya untuk ukuran batu bata 23 x 11 x 5 cm. Penghitungannya yaitu:

  • Tambahkan ketebalan dari spesi mortal atau campuran semen dan pasir di sisi atas panjang dan samping batu bata misalnya tebalnya 3 cm.
  • Hitung nilai efisiensi untuk 1 buah batu bata merah yang telah dilapisi dengan spesi mortal untuk panjang dan tinggi. Penghitungannya, panjang = 23 + 3 = 26 cm sedangkan tinggi atau tebalnya 5+3 = 8.
  • Lalu hitung luas efisiensi 1 buah bata merah. L=PxT = 26 x 8 = 208 cm2.
  • 1 m2=10.000 cm2 sehingga 10000:208 = 48,07 dan digenapkan menjadi 49 buah bata merah yang dibutuhkan.

Sehingga dari perhitungan 1 meter dinding butuh batu bata merah berapa, Anda dapat mengalikannya dengan luas daerah atau bangunan yang akan Anda pasangi atau bangun dinding batu bata. 

Misalnya luas dari bidang rumah Anda adalah 20 meter persegi, sehingga yang dibutuhkan yaitu 49 x 20 = 980 batu bata merah. Namun, karena terdapat 2 cara pemasangan batu bata yaitu berdiri atau vertikal dan tidur atau horizontal, Anda harus menghitungnya kembali. 

Jika ketebalan dari batu bata tersebut di atas 6 cm maka Anda dapat memasangnya dengan cara berdiri namun dengan catatan dinding bata Anda tidak lebih dari 3 meter.

Untuk menghitung jumlah batu bata dalam keadaan berdiri terdapat rumus yaitu 1:(panjang+tebal spesi mortal) x (lebar + tebal spesi mortal)= jumlah bata. 

Sehingga untuk batu bata yang memiliki ukuran panjang x lebar x tinggi/tebal = 23 x 11 x 5 untuk tebal speci mortal 3 cm, dalam 1 m2 dibutuhkan batu bata:

  • (23 + 3) x (11 + 3)
  • 26 x 14 = 364 cm2 = 0,0364 m2.
  • 1: 0,0364 = 27,27 = 25 batu bata/m2.

Sedangkan untuk menghitung 1 meter dinding butuh batu bata merah berapa jika dipasang dengan posisi tidur yaitu dengan rumus 1: (panjang+tebal spesi mortal) x (tebal + tebal spesi mortal)= jumlah bata. 

Perhitungannya yaitu 1:((23+3) x (5+3)) = 1: (26 x 8) = 1 m2: 208 cm2 = 1: 0,028 = 35,71 = 36 buah batu bata. Dengan perhitungan tersebut, Anda dapat memesan di Materindo dengan jumlah yang tepat.

Hasil Pencarian : ukuran batu bata merah standar, jumlah batu bata per meter, kebutuhan pasir per meter persegi, ukuran batu bata bolong, ukuran batu batako, cara menghitung kebutuhan bata hebel, cara menghitung kebutuhan material bangunan rumah, cara menghitung plesteran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar